Senin, 08 Februari 2016

Tagged Under:

3 Tanda Anak Anda Kekurangan Nutrisi

By: TIKKO DEWANTORO On: 21.26
  • Share The Gag
  •  

    tanda anak kekurangan nutrisi

    Beberapa Tanda Anak Kekurangan Nutrisi

    Jika dilihat dari sudut pandang kesehatan, kekurangan nutrisi termasuk masalah penting yang tidak bisa disepelekan begitu saja. Hal ini karena bisa mengganggu pertumbuhan serta perkembangan anak secara keseluruhan, termasuk juga gangguan perkembangan otak. Ada beberapa sisi atau tanda-tanda yang bisa diamati apabila anak kekurangan nutrisi, diantaranya adalah :

    1. Kurang bersemangat

    Salah satu tanda anak mengalami kekurangan nutrisi adalah kurang bersemangat, terasa lemas dan tidak bertenaga. Hal ini tentunya akan mengganggu proses belajar si anak. Dia akan mengalami kesulitan menanggapi stimulasi dari lingkungan luar.

    2. Daya tahan tubuh menurun

    Anak yang kekurangan nutrisi biasanya mengalami penurunan daya tahan tubuh yang signifikan. Kondisi ini akan menyebabkan dia mudah terserang berbagai penyakit dan mengganggu perkembangan kemampuan motorik. Selain itu, proses belajar dari lingkungan luar juga akan terganggu.

    3. Pertumbuhan dan fungsi tubuh terganggu

    Apabila anda melihat anak anda mengalami gangguan pertumbuhan dan fungsi tubuh, seperti misalnya anak ‘tidak’ bisa tumbuh lagi atau kurang darah, hal ini bisa menjadi indikator bahwa dia kekurangan nutrisi.
    Adapun tanda-tanda anak kekurangan nutrisi yang tidak bisa diamati secara langsung adalah gangguan struktur dan biokimia otak. Hasil suatu penelitian awal menunjukkan bahwa volume total struktur otak akan mencapai titik tertingginya pada usia 14,5 tahun untuk anak laki-laki, dan 11,5 tahun untuk anak perempuan.
    Sekitar 95% dari total volume otak akan tercapai saat anak berusia 6 tahun. Walaupun hubungan antara fungsi kognitif dengan volume otak belum bisa dipastikan, namun diperkirakan bahwa ukuran otak yang lebih besar menyediakan kapasitas yang lebih besar untuk perkembangan sel saraf.
    Oleh sebab itu, anda sebagai orang tua sebaiknya menjaga asupan nutrisi anak anda agar dia tidak kekurangan nutrisi yang bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan dan fungsi tubuhnya.

    sumber : http://www.artikelkesehatan99.com/3-tanda-anak-anda-kekurangan-nutrisi/

    0 komentar:

    Posting Komentar